Praktikum 1 - Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

by 15.45 0 komentar

Praktikum 1 - Logo 3D 360 (Turn Table Animation)


1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. Alat
  • Adobe Illustrator CC
  • Maxon Cinema 4D R16
  • Adobe After Effect
3. Bahan
Logo Puma 
4. Dasar Teori
  • Perbedaan animasi 2D dan 3D
Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D, perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dapat dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mempunyai dimensi , ruang dan kedalaman bayangan. (source)
  • Pengertian tracing
Tracing adalah teknik menggambar cepat baik manual maupan digital. Tracing digital dilakukan menggunakan komputer dimana proses penggambaran dilakukan dengan meniru (menjiplak) gambar asli yang diletakkan dilayer sebelumnya.
  • Perbedaan pembuatan animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Pembuatan animasi di Adobe Flash tidak dapat memperhitungkan kedalaman ruang dan ketebalan objek. Untuk membuat animasi dapat bergerak juga bergantung pada tween yang digunakan pada tiap frame. Sedangkan, pembuatan animasi di Cinema 4D perlu memperhitungkan kedalaman ruang dan ketebalan objek. Untuk pergerakan animasi juga lebih mudah namun lebih spesifik (detail) sehinga perlu banyak bagian yang harus diperhatikan. Namun pilihan di tiap toolsnya lebih banyak dan bervariasi sehingga animasi yang dibuat dapat lebih baik jika dibandingkan dengan Adobe Flash.

5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6. Hasil Praktikum

7. Kesimpulan
Pembuatan animasi 2D dan 3D sangat berbeda. Dalam pembuatan animasi 3D perlu banyak hal yang harus diperhatikan dan diperhitungkan, seperti kedalaman ruang, ketebalan, posisi objek baik di sumbu x,y dan z, pewarnaan, dan berbagai efek lainnya. Walaupun begitu, hasil animasi akan jauh lebih baik dan tampak nyata.

Unknown

Student/presenter/writer

dare to dream, dare to make it real

0 komentar:

Posting Komentar