Praktikum 2 – Camera Path, Lighting, and Material

by 15.19 0 komentar

Praktikum 2 – Camera Path, Lighting, and Material


1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat
  • Adobe Illustrator CC
  • Maxon Cinema 4D R16
  • Adobe After Effect
3. Bahan
Hasil animasi logo puma pada praktikum 1



4. Dasar Teori
  • Perbedaan motion guide pada flash dan camera path
Motion guide pada adobe flash, merupakan garis / jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera path pada cinema 4D merupakan jalur camera dimana camera dapat mengarah ke objek walau sedag dalam perubahan posisi (bergerak).
  • Perbedaan physical sky dan area light
Pysical sky merupakan elemen latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat disesuaikan dengan tangal dan waktu. Area light merupakan bagian pada cinema 4Dyang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehinga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
  • Pengertian material beserta contohnya
Material biasanya ditambahkan pada akhirpembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, enviroment, bump, fog, dll.


5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  • Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  • Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Hasil Praktikum



7. Kesimpulan
Mula-mula saya mengalami kendala dimana camera tidak dapat tertuju pada objek, padahal sayasudah menentukan target beserta dengan arc. Setelah berdiskusi dengan teman, maka diketahui bahwa kesalahan terletak saat saya menarik posisi arc menggunakan sumbu y (hijau) yang menyebabkan letak ketinggian dari arc tersebut berubah, sehigga tidak lagi sejajar dengan objek. Alhasil camera tidak dapat menemukan objek karena objek berada diketinggian yang berbeda dengan camera.

Unknown

Student/presenter/writer

dare to dream, dare to make it real

0 komentar:

Posting Komentar