Laporan Praktikum 2
Membuat Animasi Stickman di Adobe Flash Professional CS6
I. TUJUAN
II. ALAT DAN BAHAN
Alat : Adobe Flash Professional CS6
Bahan : -
III. DASAR TEORI
Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :
Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :
- Pose
- Timing
- Inbetween
Berikut adalah pose-pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.
berikut adalah tampilan onion skin dari 4 pose dasar walk cycle
3. Inbetween
4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang biasa disebut dengan inbetween. Proses pembuatan inbetween sangat sederhana. Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame setelahnya. Sebagai contoh, berikut adalah kondisi frame 2 saat masih baru ditambahkan empty keyframe dengan mode onion skin aktif.
III. TUGAS PRAKTIKUM
Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan ketebalan stroke 8
Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan
Walk Cycle Poses Collection |
timing untuk 4 pose walk cycle |
4 basic walk cycle in onion skin |
3. Inbetween
4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang biasa disebut dengan inbetween. Proses pembuatan inbetween sangat sederhana. Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame setelahnya. Sebagai contoh, berikut adalah kondisi frame 2 saat masih baru ditambahkan empty keyframe dengan mode onion skin aktif.
onion skin - Tambahkan gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut. Berikut adalah contoh hasil penambahan inbetween untuk keyframe pada frame 2.
hasil proses inbetween - Ulangi langkah tersebut untuk menambahkan keyframe pada frame 4, 6, dan 8. Sehingga diperoleh keyframe untuk masin-masing frame seperti berikut ini
1 frame 1 keyframe
III. TUGAS PRAKTIKUM
Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan ketebalan stroke 8
Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan
IV. HASIL PRAKTIKUM
V. KESIMPULAN
Melalui praktikum kedua ini, saya belajar bahwa untuk membuat sebuah animasi dibutuhkan ketelitian pada tiap framenya. pergerakan objek-pun harus sedetail mungkin agar pergerakan objek menjadi halus dan tidak kasar (kaku). Animasi yang baik adalah animasi yang dapat berjalan secara halus pada tiap frame.
VI. REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=c-ORobsFRfM
Melalui praktikum kedua ini, saya belajar bahwa untuk membuat sebuah animasi dibutuhkan ketelitian pada tiap framenya. pergerakan objek-pun harus sedetail mungkin agar pergerakan objek menjadi halus dan tidak kasar (kaku). Animasi yang baik adalah animasi yang dapat berjalan secara halus pada tiap frame.
VI. REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=c-ORobsFRfM
http://gambardanfoto.com/animasi-bergerak-stickman.html
0 komentar:
Posting Komentar