Prak. 1 - Mengenal tampilan Adobe Flash Proffesional

by 09.16 0 komentar
Laporan Praktikum 1

Mengenal Adobe Flash Professional


I. TUJUAN

Pratikum pertama kali untuk mata kuliah Animasi 2D ini adalah mengenal tampilan Adobe Flash. Tujuan dari Pratikum ini adalah sebagai langkah awal untuk lebih mengenal dan dekat dengan Adobe flash agar di pratikum - pratikum selanjutnya kita semua dan saya pribadi khususnya dapat lebih lancar dalam menggunakan dan memanfaatkan Software Adobe Flash.


II. DASAR TEORI

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.

Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya


III. TUGAS PRAKTIKUM

Mengenal User Interface dari Adobe Flash Professional


IV. HASIL PRAKTIKUM
Tampilan dasar adobe flash professional
Keterangan :

1. Title
Menampilkan nama atau judul project yang sedang dibuka

2.Interface mode
Terdapat beberapa mode interface pada adobe flash professional CS6, beberapa diantaranya essentials, animator, classic, debug, designer, developer, dan masih banyak lagi. Pegguna dapat melihat mode-mode lainnya dnegan meng-klik panah yang terdapat disebelah kanan interface mode

3.Zoom tool
Digunakan untuk mengatur ukuran, baik itu membesarkan maupun mengecilkan ukuran layar

4.Panel properties dan panel library
Panel propeties digunakan untk mengatur format atau ketentuan dari project yang sedang dikerjakan. Sedangkan panel library menunjukkan daftar command yang dapat digunakan.

5.Stage
Adalah tempat dimana pengguna dapat memasukkan object baik berupa gambar ataupun tulisan saat mengerjakan suatu project

6.Additional panel
Memberikan pilihan untuk mengatur warna dan gradasi dari objetct yang sedang diedit

7.Menu properties
Menampilkan berbagai settingan pada tool panel. Pengguna dapat menentukan format ataupn ketentuan dari project yang sedang dibuat

8.Toolbar
Menampilkan berbgai tools yag dapat menunjang kebutuhan dari peroject yang sedang dibuat

9.Timeline
Digunakan untuk menempatkan frame dan mengatur urutan beserta pergerakan object. Pada bagian ini pengguna juga dapat mengatur peletakan layersesuai dengan keinginan


V. KESIMPULAN

Pada pratikum pertama kali ini, saya dapat menyimpulkan bahwa pada dasarnya adobe flash dengan software adobe lainya seperti illustrator, photoshop, dll masih banyak kesamaan dalam format interface, tools, dan sistem layernya. hanya saja yang berbeda pada adobe flash ini dapat difungsikan menjadi animasi dan dapat disisipkan action script pada setiap objectnya sehingga terkesan dapat disebut software untuk pembuatan karya karya interaktif.


VI. REFERENSI

https://gusvira.wordpress.com/207-2/

Unknown

Student/presenter/writer

dare to dream, dare to make it real

0 komentar:

Posting Komentar