Praktikum 1 - Logo 3D 360 (Turn Table Animation)
1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.
2. Alat
- Adobe Illustrator CC
- Maxon Cinema 4D R16
- Adobe After Effect
4. Dasar Teori
- Perbedaan animasi 2D dan 3D
- Pengertian tracing
Tracing adalah teknik menggambar cepat baik manual maupan digital. Tracing digital dilakukan menggunakan komputer dimana proses penggambaran dilakukan dengan meniru (menjiplak) gambar asli yang diletakkan dilayer sebelumnya.
- Perbedaan pembuatan animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Pembuatan animasi di Adobe Flash tidak dapat memperhitungkan kedalaman ruang dan ketebalan objek. Untuk membuat animasi dapat bergerak juga bergantung pada tween yang digunakan pada tiap frame. Sedangkan, pembuatan animasi di Cinema 4D perlu memperhitungkan kedalaman ruang dan ketebalan objek. Untuk pergerakan animasi juga lebih mudah namun lebih spesifik (detail) sehinga perlu banyak bagian yang harus diperhatikan. Namun pilihan di tiap toolsnya lebih banyak dan bervariasi sehingga animasi yang dibuat dapat lebih baik jika dibandingkan dengan Adobe Flash.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
7. Kesimpulan
Pembuatan animasi 2D dan 3D sangat berbeda. Dalam pembuatan animasi 3D perlu banyak hal yang harus diperhatikan dan diperhitungkan, seperti kedalaman ruang, ketebalan, posisi objek baik di sumbu x,y dan z, pewarnaan, dan berbagai efek lainnya. Walaupun begitu, hasil animasi akan jauh lebih baik dan tampak nyata.
Pembuatan animasi 2D dan 3D sangat berbeda. Dalam pembuatan animasi 3D perlu banyak hal yang harus diperhatikan dan diperhitungkan, seperti kedalaman ruang, ketebalan, posisi objek baik di sumbu x,y dan z, pewarnaan, dan berbagai efek lainnya. Walaupun begitu, hasil animasi akan jauh lebih baik dan tampak nyata.
0 komentar:
Posting Komentar